WASPADALAH, 5 JUTA AKUN GMAIL DI BOBOL

Berita yang sungguh membuat saya terkejut, 5 juta akun gmail di bobol. Gimana tidak terkejut, setiap hari dengan berbagai keperluan baik keperluan pekerjaan kantor maupun pribadi saya selalu menggunakan email yang satu ini. Jika tidak dapat digunakan repot juga jadinya. Kiriman email masuk dan keluar yang saya jadikan dasar pekerjaan atau historial pekerjaan maupun dari bisnis pribadi saya, tersimpan di gmail.

Sebuah berita yang saya baca dari portal berita yaitu www.viva.co.id, mengatakan bahwasanya 5 juta akun gmail, usernamae dan password telah di bocorkan secara online pada sebuah forum bitcoin Rusia. Untungnya dari pihak Google yang menerbitkan akun gmail ini telah melakukan langkah langkah perlindungan, sehingga di harapkan kepada para pengguna akun gmail tidak perlu panik.

Google mengatakan, servernya akan memblokir secara otomatis terhadap upaya upaya log in yang mencurigakan. Berdasarkan analisanya ditemukan kurang dari 2 persen dari username dan password yang telah bekerja.

Terkait pembobolan jutaaan akun Gmail ini, Google membantah bila sistem keamanan Google telah dibobol penyerang. Perusahaan menegaskan kebocoran itu diakibatkan oleh phishing atau modus pengelabuan, malware atau cara lain. "Penting untuk dicatat bahwa dalam kasus ini dan lainnya, kebocoran username dan password itu bukan akibat dari pelanggaran sistem Google. Seringkali ini diakibatkan melalui kombinasi sumber-sumber lain," tegas Google.

Tips Menjaga Agar Akun Gmail Terhindar dari Pembajakan 


Jika anda mempunyai akun Gmail atau akun yang lain saya rasa sama saja, agar terhindar dari pembajakan dari oknum yang tidak bertanggung jawab sebaiknya anda lakukan tips berikut ini :

  1. Jangan pernah memberikan password kepada orang lain. Dengan alasan apapun sebaikya anda jangan pernah memberikan password akun anda kepada orang lain. Bisa jadi tersebarnya password anda melalui teman dekat atau orang yang anda percayai. Tetapi jika sudah terlanjur anda berikan kepada teman anda, lakukan tip yang nomor 2 berikut ini.
  2. Mengganti Password secara berkala. Dengan mengganti password secara berkala misalnya seminggu sekali atau sebualan sekali dijamain akun anda akan aman dari pembajak pembajak yang tidak bertanggung jawab. 
  3. Sering membuaka akun. Jika akun anda sering di buka dan di gunakan, pihak penyedia akun akan mengambil kesimpulan bahwa akun anda memang aktif dan sangat diperlukan. Jangan salahkan peneyedia akun bila menutup akun anda yang tidak pernah di buka berbulan bulan.

Share on Google Plus

About ADMIN

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar